Tak diragukan lagi kebolehan batik dalam menopang penampilan. Baik pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak muncul cocok untuk mengenakan batik. Baik itu batik secara total maupun yang dikombinasikan kaospolosbali bersama kain lain. Kesan estetik berpadu bersama rencana model, menjadikan penampilan lebih menarik.

5 Kain Terbaik Yang Sangat Cocok Dikombinasikan Dengan Kain Batik

Meskipun kain batik ringan tergolong adaptif dan cocok untuk bervariasi type pakaian, tapi mutlak untuk menyadari kain-kain yang cocok sebagai kombinasinya. Terutama para pengusaha konveksi yang berencana pembuatan produk batik kombinasi. Karena itu kami ulas secara tertentu dalam artikel ini, 5 kain terbaik yang terlampau cocok untuk Anda kombinasikan bersama kain batik!

Kain Satin

Cukup ringan untuk mengetahui type kain satu ini, karena tampilannya yang glossy atau mengkilap. Karakter yang membawa dampak satin tak dulu gagal untuk menampilkan kesan mewah dan elegan. Tak mengherankan kecuali kain satin terlampau cocok untuk jadi bahan kain paduan batik, khususnya untuk meningkatkan kesan mewah dan sekaligus memperkuat kesan elegan dari batik.

Kebanyakan kain satin digunakan untuk pakaian-pakaian bersama nuansa mewah, seperti untuk baju pesta atau acara penting. Karenanya kami sering menemuinya dibuat jadi gaun, blazer, outer dan gamis. Begitupun kala kain ini dikombinasikan bersama batik, Anda mampu membuatnya jadi blazer yang elegan, outer, gamis ataupun gaun. Misalkan bahan kain satin untuk anggota atasan dan kain batik untuk anggota bawahnya.

Jika Anda idamkan meraih paduan terbaik, direkomendasi untuk memilih motif batik yang tidak terlampau terang. Cobalah memilih motif bersama nuansa dan pewarnaan gelap. Karena kain satin udah membangkitkan kesan yang terang dan mengkilap. Sehingga kain batik yang cenderung gelap dapat membuatnya kontras dan seimbang.

Kain Katun

Tak berlebihan kecuali menyebut kain katun sebagai kain segala situasi dan kalangan. Karena kain ini sebetulnya terlampau fleksibel untuk dipadupadankan bersama bahan kain lain, termasuk untuk jadi kain paduan batik. Anda mampu membawa dampak produk yang lebih variatif kala mengombinasikan pada kain katun bersama kain batik.

Kain katun yang Anda kombinasikan bersama kain batik mampu dibuat jadi baju kerja, misalkan seperti kemeja atau blazer. Itu dapat menampilkan kesan yang karismatik dan terlampau cocok untuk menopang type formal. Sedangkan untuk nuansa yang lebih kasual, kain katun paduan batik mampu Anda buat jadi gaun, gamis, bawahan rok atau celana,  sampai jaket yang stylish. 

Ketika Anda memilih paduan ini, perihal mutlak yang harus Anda perhatikan adalah paduan warna. Sebisa mungkin untuk gunakan warna bersama tone yang sama, supaya paduan pada katun dan batik mampu terlampau menyatu. 

Kain Jersey

Bahan kain ketiga yang termasuk cocok untuk dikombinasikan bersama kain batik yakni kain jersey. Bukan, bukan jersey yang kebanyakan dipakai untuk berolahraga. Jersey yang dimaksud di sini adalah keliru satu type bahan kain tekstil rajutan. Bahannya mampu sepenuhnya katun, atau termasuk mampu dikombinasikan bersama serat sintetis.

Jersey jadi keliru satu type kain yang terlampau diminati tempat tropis, termasuk Indonesia, karena kebanyakan mampu menyerap keringat bersama baik. Selain termasuk terlampau cocok kecuali dipadukan bersama kain batik, untuk dibuat jadi aneka produk. Seperti misalnya gaun, gamis, tunik, bawahan rok, sampai selimut. 

Menyenangkannya, bahan kain ini miliki banyak sekali ragam pilihan warna, supaya terlampau fleksibel untuk jadi kain paduan batik. Karakternya yang jatuh membuatnya dapat menampilkan kesan yang elegan, dan tambah kuat kala dikombinasikan bersama batik.

Kain Sifon

Selanjutnya, kain sifon termasuk masuk ke dalam alternatif kain paduan batik. Kain yang tenar bersama karakternya tipis dan ringan ini, jadi keliru satu pilihan favorit dalam pembuatan gaun. Termasuk termasuk kala dikombinasikan bersama batik, Anda termasuk mampu membuatnya jadi gaun, gamis, bawahan rok, tunik dan sejenisnya.

Dengan pembawaan kain yang jatuh, membawa dampak baju dapat nampak tambah elegan sementara dipakai. Berpadu bersama kesan karismatik yang dibawah oleh kain batik, membawa dampak baju tambah memukau. Jika idamkan menambahkan anggota sifon terhadap tempat yang selayaknya tertutup, mampu dipadukan bersama furing. Sehingga baju tetap nyaman dipakai meski pembawaan sifon yang tipis menerawang.

Saat menjahit kain ini, mungkin dapat memadai sukar mengingat kain yang ringan berubah dan terlampau tipis. Anda mampu mengatasinya bersama menambahkan tisu di antara kain yang hendak dijahit. Setelah selesai, tisu itu mampu Anda cabut bersama pelan, supaya baju yang dibuat mampu tetap miliki garis jahitan yang rapi.

Kain Lace

Inilah kain kelima yang cocok untuk jadi kain paduan batik. Kain lace atau yang sering termasuk disebut brokat, adalah kain yang miliki motif (umumnya bunga dan dedaunan) dan miliki pembawaan yang tipis menerawang. Pada anggota tertentu tenunannya lebih rapat dibanding anggota lain, yang kemudian membentuk motif.

Kain lace atau brokat udah lama jadi andalan, khususnya untuk pembuatan produk yang bersama kesan elegan, mewah dan artistik. Karenanya tak heran kecuali dapat meningkatkan kebolehan kesan dari batik, kala dipadukan dalam satu pakaian. Anda mampu membuatnya jadi gaun, tunik, bawahan rok, outer, blazer, sampai mukena. 

Ketika menjahit kain lace atau brokat, sebetulnya jadi tantangan tersendiri. Apalagi kecuali karakternya yang licin, membawa dampak kain ringan sekali bergeser. Pemotongan pun sering terhambat oleh karakternya itu. Untuk mengatasinya, Anda mampu gunakan kertas minyak sebagai susunan tambahan sementara pemotongan. Sedangkan sementara menjahit, Anda mampu memberi sinyal khususnya dulu mana anggota depan dan anggota belakang, lantas gunakan jarum no 9 atau no 11.

Itulah beberapa type bahan kain yang terlampau cocok untuk jadi paduan kain batik. Semoga bermanfaat!